Laman

Selasa, 02 Mei 2017

Gejala umum semeblit atau sulit BAB

Gejala umum semeblit atau sulit BAB - Apa itu sembelit? Konstipasi adalah kondisi umum yang membuat sulit buang air besar. Gerakan buang air besar terjadi saat makanan yang Anda makan melewati sistem pencernaan Anda. Tubuh Anda membutuhkan nutrisi yang dibutuhkan dari makanan itu. Apa yang tertinggal disebut tinja. Kotoran Anda bisa lembut atau keras. Pergerakan usus biasanya terjadi secara teratur.

Gejala umum semeblit atau sulit BAB




Setiap orang memiliki jadwal pergerakan usus (seberapa sering, seberapa konsisten, dan jam berapa hari itu terjadi). Namun, jika buang air besar Anda menjadi kurang sering (berdasarkan riwayat Anda), sulit (dan sulit dilewati), dan Anda merasa tidak nyaman secara fisik, Anda mungkin mengalami konstipasi. Orang-orang dari segala usia mengalami sembelit sesekali. Biasanya, itu hilang dan tidak serius. Temui dokter Anda jika sembelit Anda kronis (sering). Mungkin masalah diet atau masalah kesehatan Anda.

Baca juga : Obat susah buang air besar

Gejala sembelit
  • Merasa seperti Anda masih perlu buang air besar, bahkan setelah Anda memilikinya.
  • Merasa seperti usus atau rektum (bagian bawah) terhalang.
  • Memiliki bangku kering yang sulit dilewati.
  • Memiliki kurang dari 3 buang air besar dalam seminggu.
  • Saring untuk buang air besar.

Gejala yang lebih serius meliputi:

Konstipasi baru dan tidak biasa untuk Anda.
Anda telah mengalami konstipasi selama 3 minggu atau lebih meskipun ada perubahan pola makan untuk membantu.
  • Anda menderita sakit perut (perut).
  • Anda menurunkan berat badan tanpa mencoba.
  • Anda melihat darah atau mukosa putih di tinja Anda.
  • Anda tidak bisa melewati bangku sendiri.

Komplikasi sembelit kronis meliputi:
  • Anal fissure (air mata di kulit sekitar anus Anda).
  • Impaksi feses (bila tinja Anda menjadi terlalu besar untuk dilewati sendiri).
  • Wasir
  • Prolaps rektal (bila sebagian kecil usus Anda keluar dari anus Anda karena berusaha buang air besar).

Komplikasi sembelit bisa menjadi serius jika tidak diobati. Mereka mungkin memerlukan operasi.

Apa yang menyebabkan sembelit?

Sembelit dapat disebabkan oleh makanan Anda (terlalu banyak makanan olahan dan tidak cukup serat), obat-obatan tertentu (obat opioid diberikan untuk rasa sakit dan bahkan terlalu banyak obat pencahar, yang biasanya membantu Anda mengalami buang air besar), dehidrasi (terutama air tidak cukup) Terlalu sedikit aktivitas fisik, masalah usus, dan perubahan hidup besar, seperti kehamilan. Konstipasi menjadi lebih umum seiring bertambahnya usia. Penyakit tertentu juga bisa menyebabkan sembelit. Ini termasuk multiple sclerosis, stroke, diabetes, hipotiroidisme, dan lupus.

Dehidrasi (tidak cukup cairan) dan perubahan pola makan adalah penyebab paling umum sembelit pada bayi. Misalnya, mengganti susu dari ASI ke susu sapi atau dari makanan bayi hingga zat padat bisa menyebabkan sembelit.

Bagaimana sembelit didiagnosis?

Dokter akan menanyakan gejala dan riwayat kesehatan Anda. Ini termasuk menanyakan tentang obat-obatan yang Anda pakai. Dokter Anda juga akan bertanya kapan Anda mengalami buang air besar terakhir dan seberapa sering Anda memilikinya. Pikirkanlah hal itu sebelum Anda menemui dokter Anda. Mungkin berguna untuk menuliskannya untuk diri sendiri atau anak Anda sebelum penunjukan Anda. Selama kunjungan, dokter Anda mungkin memeriksa rektum Anda (ujung usus besar Anda di dekat anus Anda). Dokter akan memasukkan jarinya (sambil mengenakan sarung tangan karet) ke dalam rektum Anda untuk merasakan penyumbatan.

Dokter Anda mungkin memesan tes tambahan, termasuk tes darah dan sinar-X. Tes yang lebih teliti adalah kolonoskopi. Ini adalah prosedur invasif yang dilakukan dengan anestesi. Dokter Anda akan memeriksa usus besar Anda dengan lingkup yang panjang dan fleksibel yang terpasang pada kamera.

Gejala umum semeblit atau sulit BAB


Tidak ada komentar:

Posting Komentar